KPPS ONLINE REPORT: MODEL STRATEGI PELAYANAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA INFORMASI DAN TEKNOLOGI
Kata Kunci:
Strategi, Pelayanan, Perbankan Syariah, Online ReportAbstrak
Era informasi dan teknologi mendorong setiap pelaku perbankan di Indonesia baik perbankan konvensional maupun perbankan syariah untuk mempertahankan dan meningkatkan layanan kepada nasabah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalis pelayanan perbankan syariah terhadap nasabah di Indonesia 2) Mengkaji sebuah model strategi berbasis online report yang mampu meningkatkan layanan kepada nasabah. Data yang digunakan dalam metode penelitian menggunakan data primer yaitu wawancara 15 pimpinan BNI Syariah, BRI Syariah dan Mandiri Syariah di Kota Denpasar, Medan, Surabaya. Data sekunder diperoleh dari literatur baik buku, jurnal maupun laporan laporan resmi perbankan syariah. Adapun alat analsisis dengan menggunakan SWOT analysis dan comparation literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% bank Syariah di Indonesia masih memiliki kelemahan, yakni kurang maksimalnya dalam pelayanan nasabah, khususnya pemanfaatan informasi dan teknologi yang terintegrasi dalam one service report. Berdasarkan kendala itu peneliti memberikan sebuah usulan strategi baru berupa KPPS (Keuangan, Produksi, Pemasaran dan Sumberdaya Manusia) online report. Dalam model ini setiap nasabah (pengusaha UMKM) akan terdeteksi perkembangan keuangan, pemasaran, produksi dan sumber daya manusia setiap saat, sehingga perbankan syariah bisa memberikan keputusan pinjaman dan menyelesaikan solusi apabila nasabah mengalami permasalahan dalam menjalankan roda usahanya. Penemuan baru model Strategi KPPS dapat memberi kontribusi keilmuan manajemen khususnya bidang manajemen perbankan syariah.