PEMBENTUKAN CITRA KAWASAN ORGANIK BERWAWASAN LINGKUNGAN BERBASIS GREEN MARKETING
Kata Kunci:
Citra Kawasan, Organik, Berwawasan Lingkungan, Green MarketingAbstrak
Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup menjadi sebuah tren baru yang semakin berkembang dewasa ini. Pembentukan citra sebagai kawasan organik berwawasan lingkungan berbasis green marketing yang dilakukan mampu memberikan edukasi positif terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan untuk memperkuat citra sebagai kawasan organik berwawasan lingkungan dan untuk mengetahui implementasi kegiatan green marketing yang dilakukan di kawasan tersebut. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan informan penelitian adalah orang yang kompeten dalam bidangnya masing-masing. Analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahapan, antara lain : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi untuk memperkuat citra kawasan organik dilakukan dalam bentuk menjalin kerja sama dengan Dinas Pertanian, petani, kelompok tani dan UPT Pembibitan Tanaman Pangan melalui bidang pertanian organik yang dijalankan, khususnya produk kopi organik. Sedangkan implementasi kegiatan green marketing mengalami kendala salah satunya berkaitan dengan pengembangan produk organik. Kesimpulan hasil penelitian adalah kegiatan green marketing akan berjalan dengan baik apabila elemen bauran pemasaran dijalankan secara berimbang, meliputi : produk hijau, harga hijau, saluran distribusi hijau dan promosi hijau, untuk memperkuat citra kawasan organik.