RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN RUKUN WARGA PADA RUSUNAWA PESAKIH JAKARTA BARAT

Penulis

  • Esron Rikardo Nainggolan STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Susafa'ati Susafa'ati STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Kata Kunci:

Layanan, Rusunawa, Sistem Informasi, Website

Abstrak

Rusunawa Pesakih Rukun Warga (RW) 014 merupakan rumah susun yang terdiri dari 1640 rumah serta dihuni oleh 1640 kepala rumah tangga dan terdiri dari 17 Rukun Tetangga (RT). Dengan banyaknya penghuni dalam rusunawa Pesakih mengakibatkan pelayanan pengurus RW maupun RT dibutuhkan waktu dan tenaga dalam melayani masyarakat yang ada dalam rusunawa tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang sudah ditentukan dalam pedoman peraturan gubernur nomor 1 tahun 2016. Dengan tugas dan fungsi RT/RW yang ada, ditemukan beberapa kendala di lapangan, baik kendala yang dialami masyarakat maupun pengurus RW maupun RT. Kendalanya yaitu masih dalam bentuk pembukuan dan arsip data penduduk yang ada di rusunawa pesakih sehingga ketika ada pendataan, pencarian informasi, dan pencarian orang, pembuatan laporan harus membuka satu persatu berkas cetakan yang ada dikarenakan belum adanya basis data untuk mengetahui data setiap informasi yang ada dirusunawa Pesakih. Selain itu, keluhan atau laporan dari warga masyarakat mengenai informasi penting atau pengumuman rusunawa tidak bisa tersampaikan dengan baik dikarenakan terbatas waktu dan tempat karena aktivitas yang berbeda antara warga dan juga pengurus RW/ RT setempat. Warga Rusunawa membutuhkan adanya suatu sistem informasi yang menunjang dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Pelayanan adalah suatu proses bantuan kepada orang lain dengan cara tertentu yang memerlukan kepekaan dan hubungan interpersonal supaya tercipta kepuasan dan keberhasilan. Supaya tercipta kepuasan dan keberhasilan maka diperlukan sistem pelayanan yang baik. Hal ini perlu inovasi baru dengan dibuatkannya sistem pelayanan RW berbasis website yang diharapkan dapat mempermudah pengurus RW/ RT maupun masyarakat dalam urusan administrasi, kegiatan, ataupun dalam mendapatkan informasi. Metode yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan mengambarkan kondisi pelayanan di rusunawa dengan cara observasi, sedangkan metode pengembangan perangkat lunak mengunakan Waterfall. Penelitian ini menghasilkan rancangan dan implementasi sistem pelayanan online yang bertujuan nantinya tercipta pelayanan RW yang baik, efektif dan efisien dalam mendapatkan informasi dan melakukan pengurusan berkas.

Diterbitkan

2018-10-11