BUSUR CETAK : DESAIN ALAT DAN METODE MEMPERMUDAH PEMBUATAN POT GERABAH

  • R. Bambang Gatot Subroto

Abstrak

Pot gerabah dibuat sedikitnya memakai dua cara yaitu menggunakan teknik putar pada meja putar lalu cetak tekan dan tuang. Pada teknik putar, selain memerlukan alat putar juga keterampilan lebih membuat gerabah oleh pembuatnya. Keterampilan harus dilakukan terus menerus hingga terlatih, sebagai andalan mata pencaharian. Sedangkan pada teknik cetak adalah cara membuat gerabah dengan memakai cetakan cara tekan dan tuang. Kedua cetakan tersebut berbahan gibsum, yang satu memakai lempung yang di cairkan lalu di tuang kedalamnya, sedangkan yang satu lagi memakai gumpalan lempung lunak dan plastis, dengan cara menekan-nekannya pada dinding dalam cetakan.
Pembuatan Pot dari tanah liat harus memiliki ketebalan yang sama pada dinding bodinya. Kelak bila dikeringkan dan dibakar, terjadi proses penguapan kadar air yang akan meratakan pada seluruh bodinya. Kelemahan teknik tekan ada pada cetak di bidang cetakan yang luas. Hal ini diakibatkan oleh sentuhan tangan manusia sehingga ketebalan permukaannya sering tidak seragam. Hal ini berbeda bila dibandingkan dengan cetak pada bidang cetakan berukuran kecil atau memakai teknik cetak tuang. Pada teknik cetak tuang sentuhan tangan manusia pada benda yang dicetak diperkecil. Hal tersebut memunculkan gagasan untuk diteliti lebih lanjut, yaitu Cetak gerabah menggunakan Busur Cetak. Busur cetak adalah alat yang dibuat untuk mempermudah, membuat tebal bodi dan dan proses pembuatan pot lebih cepat. Penelitian ini adalah untuk menemukan cara pembuatan busur cetak, dengan menggunakan bahan yang mudah, murah, khususnya untuk perajin gerabah didesa-desa. Tujuannya agar perajin belia, atau siapa saja dapat mempraktekan dengan gampang dan cepat. Sehingga pot-pot gerabah dapat dikerjakan dengan cepat sehingga modal dapat segera diputar. Metode yang digunakan adalah, menguji gagasan tersebut (survey google atau you tube) apakah
sudah pernah dibuat orang lain atau belum. Teknik pencet (pinch) dikutip dari buku-buku keramik tulisan dan penerbit luar negeri. Kemudian praktek membuat alat, busur cetakan memakai bahan-bahan sederhana. Hasil yang ingin dicapai adalah perajin atau pemula dapat membuat gerabah memakai alat busur cetak dengan baik, diharapkan menjadi andalan membuat pot gerabah di desa-desa.

Diterbitkan
2017-08-24
Bagian
Articles