PENGARUH KEPERCAYAAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE SURABAYA
Kata Kunci:
online marketplace, kepercayaan, harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelangganAbstrak
Pesatnya perkembangan zaman mempengaruhi perkembangan teknologi pula. Teknologi yang semakin maju ini jugalah yang membantu kemudahan dalam segala sesuatu, termasuk berbelanja. Maraknya perkembangan online marketplace di Indonesia, mulai dari Tokopedia, Bukalapak, BliBli, OLX, dan juga Shopee telah memberi kemudahan bagi banyak orang. Di balik sisi positif ini tentu terdapat sisi negatif dari berkembangnya marketplace ini. Dalam penelitian ini, peneliti mencari pengaruh dari kepercayaan, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan belanja online di marketplace Shopee Surabaya. Penelitian ini memiliki masa periode 2023 sampai 2024 dengan mengambil populasi semua orang Surabaya dan sampel sebanyak 78 orang. Penelitian ini memakai metode kuantitatif kausalitas, dan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan secara bersama-sama kepercayan, harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan belanja online di marketplace Shopee Surabaya.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Seminar Nasional Ilmu Terapan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.