EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DARING DAN TATAP MUKA TERHADAP KOMPETENSI MENULIS AKSARA TIONGHOA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X DI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.626Kata Kunci:
Aksara tionghoa, efektifitas, mata kuliah aksara tionghoa, menulis, pembelajaran daringAbstrak
Pembelajaran bahasa Mandarin sering kali dilakukan secara tatap muka agar keefektifitasannya maksimal dan materi dapat dipraktekkan secara langsung. Seringkali dalam pembelajaran daring, mahasiswa lebih banyak mengetik dibandingkan harus menulis tangan. Sehingga keefektifitasan dari pembelajaran daring dalam kompetensi menulis Aksara Tionghoa masih dipertanyakan. Skripsi ini disusun oleh penulis untuk membandingkan keefektifitasan pembelajaran daring dan tatap muka, serta mengetahui tanggapan dosen dan responden tentang pengalaman pembelajaran daring dalam mata kuliah Aksara Tionghoa di Universitas X di Surabaya. Metode penelitian pada skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan tes subjektif pada angkatan 2021 dan 2022, wawancara dengan dosen pengajar serta membagikan kuisioner kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas X di Surabaya yang telah melakukan pembelajaran secara daring. Sehingga dapat penulis simpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa pembelajaran daring dinilai kurang efektif dalam mata kuliah Aksara Tionghoa yang dapat mempengaruhi kompetensi menulis Aksara Tionghoa.