PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE DAN OFFLINE TERHADAP PERILAKU BELAJAR MAHASISWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN DI UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYA

Penulis

  • Evelyne Greselda Universitas Widya Kartika
  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.614

Kata Kunci:

Pembelajaran Online, Pembelajaran Offline, perilaku Belajar, Motivasi Belajar

Abstrak

Sistem pembelajaran yang baik merupakan hal yang penting untuk tercapainya proses pembelajaran yang efektif untuk siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Pengaruh Pembelajaran Online dan Offline Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Di Universitas Widya Kartika Surabaya. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan maka dilakukan penyebaran kuesioner dan wawancara pada mahasiswa Angkatan 2019 dan 2020 jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin di Universitas Widya Kartika Surabaya. Penulis juga memberikan nilai persentase agar hasil dapat tampak lebih jelas. Dari hasil kuesioner dan wawancara tersebut, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan sistem online tidak sepenuhnya memberikan efek positif pada kegiatan pembelajaran. Mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar pada saat perkuliahan dilakukan menggunakan sistem offline. Sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran dengan sistem offline lebih tepat digunakan pada semua pelajaran bahasa Mandarin dan lebih efektif untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23