PERILAKU LOYALITAS KONSUMEN EVENT ORGANIZER (EO) XYZ SELAMA MASA PANDEMI DI SURABAYA

Penulis

  • Kwang Adi Santoso Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.589

Kata Kunci:

Kualitatif, Event Organizer, Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian manajemen pemasaran yang memiliki tujuan untuk mengetahui faktor loyalitas pelanggaan pengguna jasa Event Organizer XYZ selama masa pandemi covid-19. Jenis model yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah para pengguna yang telah menggunakan jasa event organizer diSurabaya dan waktu menggunakan jasa event organizer adalah selama masa pandemi covid-19. Jenis dari metode penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana penggalian informasi informan dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara metode kualitatif juga digunakan dengan tujuan untuk mengetahui fenomena dari obyek yang diteliti secara holistic dan menyeluruh untuk mendapatkan hasil yang lebih obyektif dan akurat. Jumlah informan yang didapatkan dan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat informan, profil dari seluruh informan merupakan pihak yang telah pernah pengguna jasa dari EO. XYZ ini minimal satu kali. Pada penelitian ini hasil yang didapatkan adalah bahwa seluruh informan setuju dan memiliki keinginan dan rasa loyalitas dari para informan paska penggunaan jasa EO. XYZ untuk kembali menggunakan jasa event organizer ini kembali secara berulang pada acara-acara mereka yang berikutnya. Para informan juga menyampaikan bahwa mereka setuju untuk menyampaikan hal yang positif dan merekomendasikan kepada orang lain untuk menggunakan event organizer yang sama karena adanya rasa puas yang mereka dapatkan selama menggunakan jasa dari EO. XYZ ini.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23