STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN PEMBELIAN STREAMING MUSIK PADA APLIKASI DIGITAL SPOTIFY

Penulis

  • Daniel Randy Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.578

Kata Kunci:

Perilaku konsumen, Pengambilan Keputusan, Streaming Musik, Aplikasi Spotify

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui alasan para konsumen dalam mengambil keputusan pembelian streaming musik pada aplikasi digital Spotify dibandingkan dengan memilih produk yang lain, sedangkan di sisi lain seiring berkembangnya teknologi juga banyak aplikasi musik yang baru dan menarik secara fitur, namun Spotify masih dapat bersaing dan masih banyak yang menyukai aplikasi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah Bagaimana perilaku konsumen dalam keputusan pembelian streaming musik pada aplikasi digital Spotify? Dan Faktor - faktor apa yang mendukung dan menghambat konsumen dalam keputusan pembelian streaming musik pada aplikasi digital Spotify? Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil jumlah 10 orang sebagai narasumber, teknik pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kali ini menggunakan analisis deskriptif dengan teknik pengambilan sample melalui purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada 3 faktor yang membuat konsumen memutuskan untuk membeli atau berlangganan di aplikasi Spotify yaitu adalah faktor sosial, faktor pribadi, faktor sikap, dan faktor psikologis pada setiap konsumen yang memutuskan untuk memilih berlangganan Spotify.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23