PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN MENGGUNAKAN TRANSPORTASI PUBLIK SUROBOYO BUS

Penulis

  • Richard William Tanzil Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.575

Kata Kunci:

Perilaku Konsumen, Keputusan Menggunakan

Abstrak

Latar belakang dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui alasan para konsumen memilih memutuskan untuk menggunakan layanan transportasi publik Suroboyo Bus dan tidak memilih layanan transportasi publik lainnya, lalu apa yang memengaruhi minat konsumen untuk menggunakan transportasi publik Suroboyo Bus, terlepas banyak nya jasa transportasi publik yang ada di kota Surabaya dengan harga yang terjangkau. Rumusan masalah dalam penelitian kali ini adalah Bagaimana perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan menggunakan transportasi publik Suroboyo Bus? Dan faktor – faktor apa yang mendukung dan menghambat penggunaan transportasi publik Suroboyo Bus? Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan mengambil jumlah 10 orang sebagai narasumber, teknik pengumpulan data dalam penelitian kali ini menggunakan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian kali ini menggunakan fenomenologi dengan teknik pengambilan sampel memakai purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa ada 2 faktor yang membuat konsumen memutuskan untuk menggunakan layanan transportasi publik Suroboyo Bus yaitu adalah dari faktor sosial, dan faktor psikologis. Lalu terdapat faktor fasilitas yang menjadi faktor pendorong dalam keputusan menggunakan layanan transportasi publik Suroboyo Bus. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor budaya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23