PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI SURABAYA

Penulis

  • Nurul Nafsiah Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.564

Kata Kunci:

Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline di Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Customer Kosmetik Maybelline Surabaya. Jumlah responden pada penelitian ini adalah sebanyak 3 orang narasumber yang telah ditentukan menggunakan teknik non probability sampling. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Studi kepustakaan (dokumen, artikel, jurnal, dan lain sebagainya) dan Studi lapangan (kegiatan observasi dan wawancara). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu triangulasi data, reduksi data, dan pengumpulan data. Dari hasil kegiatan penelitian ini menunjukkan jika Faktor Kebudayaan merupakan faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. Kedua, Faktor Pribadi dan Psikologis adalah pengaruh yang saling berkaitan dan mendukung keinginan seseorang dalam membeli produk secara logis. Ketiga, Faktor Sosial merupakan faktor agar produk lebih dikenal secara luas oleh konsumen termasuk responden dalam penelitian ini, sehingga mereka mendapatkan informasi melalui media-media sosial yang ada serta rekomendasi dari beberapa kerabat atau orang lain yang merasa bahwa Maybelline merupakan produk yang bagus dan berkualitas.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-23