PENGARUH RASIONALITAS KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN IN-APP PURCHASE PADA GAME GENSHIN IMPACT
DOI:
https://doi.org/10.61293/sniter.v7i1.563Kata Kunci:
Rasionalitas Instrumental, Rasionalitas Nilai, Non Rasionalitas Afektif, Non Rasionalitas Tradisional, Keputusan PembelianAbstrak
Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Tindakan Rasionalitas Instrumental, Tindakan Rasionalitas Nilai, Tindakan Non Rasionalitas Afektif, Tindakan Non Rasionalitas Tradisional berpengaruh terhadap keputusan pembelian In-app Purchase pada Game Genshin Impact secara parsial. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah melakukan pembelian In-app purchase pada Game Genshin Impact. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah probability sampling dengan prosedur purposive sampling. Metode analisis data yang dipakai adalah analisis regresi linear berganda, Uji t melalui software SPSS. Hasil dari penelitian ini pada tindakan rasionalitas instrumental tidak ditemukan adanya pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, pada variabel tindakan rasionalitas nilai tidak ditemukan adanya pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, pada variabel tindakan non rasionalitas afektif ditemukan adanya pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan pada tindakan non rasionalitas tradisional tidak ditemukan adanya pengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.