ORIENTASI WIRAUSAHA DAN KEUNGGULAN BERSAING DARI PERSPEKTIF INOVASI DAN NETWORK (Studi Pada Sub Sektor Industri Kreatif di Pekalongan)

Penulis

  • Wahjono Wahjono AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang
  • Anton Sujarwo AMIK Jakarta Teknologi Cipta Semarang

Kata Kunci:

Industri Kreatif, Orientasi Wirausaha, Inovasi, Jejaring, Keunggulan Bersaing

Abstrak

Industri kreatif mempunyai kontribusi ekonomi yang signifikan, karena dapat menciptakan iklim bisnis yang positif, memperkuat citra dan identitas bisnis, mendorong pemanfaatan dan penggunaan sumberdaya yang terbarukan (pusat untuk penciptaan inovasi dan kreatifitas), dan mempunyai dampak sosial yang positif. Namun demikian industri kreatif dalam perkembangannya masih menghadapi banyak permasalahan, terutama dalam hal daya saing. Setelah menginvestigasi pentingnya industri kreatif dan fenomena permasalah berdasarkan penelitian terdahulu maka penelitian tentang industri kreatif dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing sangat penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi wirausaha, kemampuan inovasi, dan network terhadap keunggulan bersaing industri kreatif di Kota/Kab Pekalongan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis hubungan sebab akibat diantara orientasi wirausaha, kemampuan inovasi, dan network terhadap keunggulan bersaing industri kreatif di Kota/Kab Pekalongan.Analisis data dilakukan dengan mengunakan teknik multivariat Struktural Equation Model (SEM). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 103 orang yang merupakan para pengusahaindustri kreatif di kabupaten dan kotaPekalongan.Sebagai alat bantu analisis dan estimasi, peneliti menggunakan perangkat lunak komputer LISREL 8.8 untuk analisis SEM. Berdasarkan hasil pengujian dan analisis SEM, maka dapat disimpulkan bahwa orientasi wirausaha berpengaruh secara langsung terhadap keunggulan bersaing, kemampuan inovasi berpengaruh secara langsung terhadap keunggulan bersaing, jejaring berpengaruh secara langsung terhadap keunggulan bersaing, dan orientasi wirausaha berpengaruh secara tidak langsung terhadap keunggulan bersaing pada industri kreatif melalui kemampuan inovasi dan jejaring.

Diterbitkan

2017-08-24