IMPLEMENTASI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN ANALISIS STRUKTUR KEPADA GURU DAN PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 SURABAYA SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN

Penulis

  • Berkat Cipta Zega Universitas Negeri Surabaya
  • Satriana Fitri Mustika Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Anggi Rahmad Zulfikar Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Analisis Struktur, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran

Abstrak

Pandemi COVID-19 menjadikan pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka di
kelas melainkan dilakukan dengan jarak jauh. Maka perlu adanya inovasi pembelajaran yang
bisa menarik minat peserta didik salah satunya dengan video pembelajaran. Di SMK
khususnya dibidang teknik sipil terdapat dasar pengetahuan yaitu analisis struktur. Analisis
struktur merupakan suatu proses dimana engineer menentukan respons suatu struktur
terhadap suatu pembebanan. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini
adalah memberikan pilihan media pembelajaran yaitu dengan video pembelajaran untuk
meningkatkan minat pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran analisis struktur di SMK
Negeri 3 Surabaya. Metode pendekatan yang ditawarkan adalah dengan
mengimplementasikan video pembelajaran kepada guru dan peserta didik SMK Negeri 3
Surabaya dengan Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya khususnya analisis struktur.
Produk IPTEK yang akan di berikan adalah dalam bentuk Video Pembelajaran sebagai solusi
media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil pelaksanaan pengabdian
kepada masyarakat di SMK Negeri 3 Surabaya pada pelaksanaan pembelajaran dengan media
video pembelajaran dapat meningkatkan minat pembelajaran peserta didik dengan aktif
bertanya dan lebih mudah dalam memahami materi khususnya pada mata pelajaran analisis
struktur.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12