PERANCANGAN SISTEM ANALISIS KEPUASAN PENGGUNAPERPUSTAKAAN BERDASARKAN METODE SERVQUAL

Penulis

  • Wibowo Arninputranto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Renanda Nia Rachmadita Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Kepuasan pengguna, Perpustakaan, Sistem, ServQual, Kualitas layanan

Abstrak

Perpustakaan bagi perguruan tinggi merupakan suatu bagian yang sangat penting, perpustakaan harus memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan civitas akademik. Kepuasan pengguna perpustakaan sangat tergantung pada kualitas layanan yang diberikan oleh perpustakaan. Persepsi layanan pengguna perpustakaan merupakan gambaran terhadap layanan yang diterima oleh pengguna perpustakaan. Dengan menggunakan metode Service Quality, persepsi dan harapan pengguna perpustakaan akan dinilai, melalui lima dimensi ServQual, yaitu tangible, reliability,responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat melakukan pengukuran kepuasan pelanggan, berdasarkan perhitungan dan pengolahan data berdasarkan metode ServQual. Dengan demikian sistem ini dapat membantu untuk melakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna perpustakaan dengan lebih efektif dan efisien berdasarkan metode ServQual, sehingga bisa meningkatkan kualitas layanan.

Diterbitkan

2017-08-24