ANALISA PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMILIHAN WEDDING ORGANIZER DI SURABAYA

Penulis

  • Erwin Hartanto Kosasi Kho Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Wedding Organizer, Perilaku Konsumen

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang perilaku konsumen dalam memilih jasa Wedding Organizer di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan narasumber yang dipilih memiliki kriteria: 1) Sudah menikah; 2) Menggunakan jasa Wedding Organizer, pemilihan kriteria ini karena narasumber mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah karena sudah menggunakan Wedding Organizer. Kriteria narasumber yang terpilih adalah enam orang berlatar belakang dari berbagai macam pekerjaan, tiga orang wiraswasta, dua orang karyawan swasta dan satu orang ibu rumah tangga, hal ini dimaksudkan agar penelitian ini mempunyai sudut pandang dan keunikan tersendiri. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut narasumber, perilaku konsumen dalam memilih Wedding Organizer di Surabaya dipengaruhi oleh: 1) faktor budaya; 2) faktor sosial; 3) faktor pribadi; 4) faktor psikologi.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12