ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN MERCHANDISE KPOP DI SHOPEE

Penulis

  • Salma Rosyidana Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Perilaku konsumen, Keputusan pembelian, Merchandise kpop

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keputusan konsumen terhadap pembelian merchandise kpop melalui Shopee. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen penggemar kpop yang sering berbelanja merchandise kpop melalui Shopee dan sudah berusia 18 tahun ke atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik sampling purposive. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan bertemu langsung secara tatap muka. Dengan jumlah informan yang diambil adalah 10 informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode reduksi data. Kemudian dalam pemeriksaaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa menurut informan, keputusan konsumen dalam membeli merchandise kpop melalui Shopee dipengaruhi oleh 6 faktor, meliputi: Budaya yang mempengaruhi budaya, Teknologi yang mempengaruhi teknologi, sosial yang mempengaruhi keluarga; kelompok referensi; dan peran, pribadi yang mempengaruhi tahap siklus hidup; pekerjaan dan lingkungan ekonomi; gaya hidup; dan kepribadian, psikologis yang mempengaruhi motivasi; dan persepsi, dan bukti fisik yang mempengaruhi kepuasan.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12