KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SPARE PART MOBIL DI TOKO ANUGERAH MOTOR PADA SAAT PANDEMI

Penulis

  • Robin Sachio Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Keputusan konsumen, Prinsip Ekonomi, Kualitas, Harga, Ketersediaan Barang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana keputusan konsumen dalam pembelian spare part mobil di toko Anugerah Motor Buol Sulawesi Tengah pada saat pandemi Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 5 konsumen Toko Anugerah Motor Buol Sulawesi Tengah.
Hasil penelitian membuktikan bahwa barang dengan kualitas original dengan harga terjangkau memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen Toko Anugerah Motor melakukan pembelian spare part mobil di Toko Anugerah Motor daripada pesaing. Ketersedian barang juga mempengaruhi konsumen melakukan pembelian spare part mobil di Toko Anugerah Motor.
Berdasarkan hasil wawancara dengan 5 konsumen maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, sebagian besar pelanggan memiliki persamaan pembelian dalam jenis barang yang dibeli dikarena memiliki faktor jalan atau medan yang dilewati masih banyak yang rusak bahkan belum rata. Alasan mereka memilih membeli barang di Toko Anugerah Motor karena barangnya lengkap, harga murah, kualitas barang dijamin ori, memiliki berbagai jenis merk dan kualitas sehingga narasumber dapat memilih barang sesuai dengan keuangan yang mereka miliki.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12