PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MEREK INDOMIE DI KECAMATAN MENGANTI, KABUPATEN GRESIK

Penulis

  • Theodorus Widyawan Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan menilai pengaruh Ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik dan untuk mengetahui faktor dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah masyarakat di Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik dengan pengambilan sampel purpossive sampling sebanyak 140 responden. Metode analisis adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan diolah dengan program SPSS, yaitu uji T, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek berpengruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Sedangkan asosiasi merek berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. dan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Persepsi kualitas merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian mie instan merek Indomie. Nilai pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mie instan merek Indomie sebesar 56,3% sedangkan sisanya sebesar 43,7 % dipengaruhi faktor dan variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12