FAKTOR- FAKOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN UNTUK BERLIBUR DI KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI
Kata Kunci:
Mentawai, tourists, consumer behavior, marketing mixAbstrak
Pembangunan atau pengelolahan wisata tidak lepas juga dukungan dari pemeritah agar supaya menaikan wisatawan dari luar Mentawai. Oleh karena, itu peran pemerintah dalam pengembangan pariwisata sangat penting, dengan era globalisasi persaigan di bidang wisata semakin ketat, dibutuhkan strategi pemasasran yang maksimal dan mampu bersaing dengan daerah pariwisata lainya. Serta faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan agar produk dan jasa yang ditawarkan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi konsumen sesui dengan keinginan dan kebutuhan.Jenis penelitian dan teknik pengumpulan data dalam penelitan ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data dari hasil wawancara. Jumlah narasumber yang diteliti hasil dari obesevasi, wawancara dan dokumentasi yang telah berkunjunag di wisata Kabupaten Kepulauan Menta wai, terdapat 2 faktor yang dipertimbangkan konsumen untuk berlibur di Mentawai yang pertama adalah persiapan uang yang cukup, yang kedua adalah transportasi karena di Mentawai itu daerah kepulauan untuk berkunjuang di Mentawai haru melewati laut.Faktor yang lebih dominan untuk berlibur di Mentawai yaitu persiapan uang yang cukup. Perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan untuk berlibur di Kabupaten Kepulauan Mentawai dipengaruhi oleh faktor keuangan, transportasi. Pengambilan keputusan yang diambil atas dasar pemelihan alternatif dipengaruhi oleh faktor- fakor pengambilan keputusan baik dari internal keluarga dan diri sendri. Faktor eksternal tawaran dari pasar dan saran dari orang terdeknya.