PENERAPAN STARTEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM TOKO META DI BULAK BANTENG SURABAYA

Penulis

  • Ariya Patma Chandra Dewi Universitas Widya Kartika
  • Erwin Rediono Tan Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Segmentasi, Targeting, Positioning, Marketing Mix, Strategi Harga, Strategi Tempat, Strategi Penjualan, Strategi Promosi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan startegi pemasaran dalam meningkatkan penjualan UMKM Toko Meta di Bulak Banteng Surabaya. Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan di Toko Meta Surabaya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan data langsung dari pemilik usaha, dan pembeli. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan Penjualan di Toko Meta Bulak banteng Surabaya? Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen strategi pemasaran yang meliputi: 1). Segmentation, 2). Targeting, 3) Positioning, dan 4) Marketing mix. Dan menerapkan unsur strategi yang meliputi: 1) Strategi Harga, 2) Strategi Tempat, 3) Strategi Penjualan, dan 4) Strategi Promosi. Hasil diatas disimpulkan sebagai berikut: Penerapan Manajemen strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan saat ini sudah optimal pada komponen segmentation, targeting, positioning, dan marketing mix sehingga mampu meningkatkan pendapatan pada Toko Meta.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12