Efektivitas Media Lagu Bahasa Mandarin Terhadap Kemampuan Pemahaman Kosakata Pada Pembelajaran Daring Bagi Siswa Kelas 3 Di Sekolah Dasar Nation Star Academy Surabaya

Penulis

  • Elisa Churota’ayun Universitas Widya Kartika
  • Tantya Kharisma Liemarfin Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Bahasa Mandarin, Efektivitas, Media Lagu, Kemampuan Pemahaman Kosakata

Abstrak

Pembelajaran Bahasa Mandarin yang bersifat monoton dan kaku tidak akan membangkitkan minat siswa dalam belajar Bahasa Mandarin. Oleh karena itu diperlukannya media penunjang dalam proses pembelajaran salah satu contohnya adalah media lagu. Dalam penelitian tugas akhir ini penulis menjabarkan bagaimana tingkat keefektivitasan penggunaan media lagu Bahasa Mandarin pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa Mandarin khususnya terhadap pemahaman kosakata siswa. Dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimental, penelitian dilakukan dengan mengelompokkan subjek penelitian kedalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, pada pembelajaran kelompok eksperimen akan diberi suatu perlakuan khusus yaitu pembelajaran dengan menggunakan media lagu. Tahap terakhir adalah membandingkan kedua hasil model pembelajaran untuk menyimpulkan nilai efektivitasnya. Hasil penelitian menunjukan, pembelajaran dengan menggunakan media lagu terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa serta terbukti memiliki nilai efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tanpa media lagu. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran menggunakan media lagu Bahasa Mandarin terhadap kemampuan pemahaman kosakata pada pembelajaran daring terhitung lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa siswi kelas III di SD Nation Star Academy Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12