PERBANDINGAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA DENGAN ELECTRONIC LEARNING (E-LEARNING) TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PERCAKAPAN BAHASA MANDARIN PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 DI UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA

Penulis

  • Ong Peter Leonardo Universitas Widya Kartika
  • Sienny Kosasih Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Bahasa Mandarin, Pembelajaran Tatap Muka, Electronic Learning, Pembelajaran Percakapan

Abstrak

Salah satu faktor dalam menentukan proses pembelajaran dapat dikatakan berhasil adalah dari segi sistem yang digunakan. Penelitian ini disusun untuk lebih memahami efek dan pengaruh dari perubahan sistem pembelajaran yang saat ini terjadi dengan tujuan agar kedepannya dapat menentukan sistem dengan tepat. Selain itu, penulis juga berharap dapat memahami responden atas perubahan sistem dari tanggapan yang dikatakan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan sampel dari mahasiswa Universitas Widya Kartika Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2019. Dalam hasil yang didapatkan, penulis memberikan nilai persentase agar hasil dapat tampak lebih jelas. Dapat dikatakan dari hasil penelitian bahwa pembelajaran tatap muka lebih tepat digunakan pada pembelajaran percakapan bahasa Mandarin dibandingkan dengan electronic learing.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-12