PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARENA OLAHRAGA EKSTREM DENGAN PENERAPAN ARSITEKTUR METAFORA DI KOTA SURABAYA

Penulis

  • Cecilia Evitha Sukamto Universitas Widya Kartika
  • Ririn Dina Mutfianti Universitas Widya Kartika
  • Risma Risma Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Extreme Sports, Indoor Skatepark, Metaphor Architecture

Abstrak

Kegiatan yang berkaitan dengan gerakan jasmani, bermain , dan rekreasi merupakan Olahraga. Objek dari perencanaan ini adalah olahraga rekreasi .Salah satu yang termasuk kegiatan rekreasi yaitu olahraga ekstrem. Kategori yang termasuk olahraga ekstrem itu adalah skateboard dan sepeda BMX. Olahraga ekstrem ini sangat kental anak remaja keberadaan olahraga ekstrem ini tidak jauh dengan adanya permasalahan. Hal ini disebabka kegiatan olahraga ekstrem ini biasanya di lakukan di jalan raya dan menggunakan fasilitas umum. Dengan adanya permasalahan ini muncul sebuah perencanaan dan perancangan untuk memenuhi kebutuhan olahraga ekstrem sehingga menggangu pengguna jalan raya maka olahraga ini akan ditampung menjadi satu wadah yaitu arena bermain berupa skatepark indoor. Dengan adanya sebuah skatepark indoor permasalahan untuk olahraga ekstrem dapat teratasi. Skatepark yang ada di Kota Surabaya provinsi Jawa Timur saat ini adala skatepark outdoor yang berada di taman bungkul dan di monkasel. Keadaan kedua skatepark ini masih apa adanya dan luas areanya masih kurang luas sehingga masih belum mencakup jumlah skateboarder yang ada di Kota Surabaya. Karena skatepark sat ini yang dimiliki Kota Surabaya itu outdoor banyak skateboarder merasa kurang nyaman dan aman karena saat ini kota Surabaya memasuki musim hujan. Tema yang diambil yaitu Arsitektur Metafora. Arsitektur metafora adalah kiasan yang diwujudkan dalam bentuk bangunan sehingga mendapatkan tanggapan. Arsitektur Metafora akan mengambil dari gerakan atraksi skateboarder saat melakukan teknik dasar bermain skateboard.

Diterbitkan

2021-11-27