FAKTOR FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE KERING “NASTAR NY.JOE” DI SURABAYA

Penulis

  • Yashinta Claudia Bambang Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Analisis Faktorial, PCA (Principal Component Analysis)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian kue kering “Nastar Ny.Joe” di Surabaya. Dari banyaknya produk kue kering nastar dengan beragam harga dan varian, masih ada sebagian konsumen yang memilih kue kering milik “Nastar Ny.Joe” ini. Hal tersebut yang tentunya ingin diteliti oleh penulis penyebab kenapa masih banyak orang yang berminat membeli produk tersebut. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 120 konsumen yang telah membeli kue kering “Nastar Ny.Joe” di Surabaya. Teknik perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Cochran. Metode data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan menganalisis faktor menggunakan PCA (Principal Component Analysis). Hasil dari perhitungan SPSS terdapat 4 faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian. 4 faktor tersebut yaitu faktor kepercayaan, faktor informasi, faktor tingkah laku/kebiasaan, faktor promosi.

Diterbitkan

2021-11-27