ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK MAKANAN DENGAN SOSIAL MEDIA DI SURABAYA

Penulis

  • Felia Wellyanto Universitas Widya Kartika
  • Erna Ferrinadewi Kusnarsiyah Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Minat Beli, Sosial Media

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk makanan dengan sosial media di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah melakukan pembelian produk makanan di toko online shop minimal satu bulan sekali di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 109 reponden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik snowball sampling. Metode analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis faktor yaitu PCA (Principal Component Analysis), analisis regresi linear berganda, dan uji F dengan perangkat lunak SPSS. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah 4 faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk makanan dengan sosial media di Surabaya yaitu: (1) Faktor Pribadi/diri sendiri, (2) Faktor Pelayanan, (3) Faktor Kualitas, dan (4) Faktor Harga.

Diterbitkan

2021-11-27