KEEFEKTIFITASAN PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS 3D DI SD X SURABAYA

Penulis

  • Yescylind Carolina Universitas Widya Kartika
  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Bahasa Mandarin, Pembelajaran Daring, Metode Total Physical Response (TPR)

Abstrak

Bahasa merupakan suatu unit penting yang wajib dikuasai oleh masing-masing individu manusia tak
terkecuali bahasa asing di samping bahasa ibu. Belajar bahasa dapat dilakukan di mana dan kapan saja
sehingga dalam kondisi pandemi ini, yang semua kegiatan dilakukan secara daring, tidak dapat
menghentikan seseorang untuk belajar bahasa. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing
yang sangat dibutuhkan pada zaman sekarang ini. Hal utama dalam mempelajari bahasa Mandarin
adalah penguasaan sebuah kosakata. Dalam pembelajaran daring bahasa Mandarin, guru harus dapat
memilih dan menerapkan metode pengajaran yang tepat dan menarik bagi siswa. Metode TPR atau Total
Physical Response merupakan salah satu metode yang tepat dilaksanakan dan digunakan dalam
pengajaran bahasa Mandarin secara daring untuk jenjang anak - anak agar pembelajaran lebih menarik
dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat lebih semangat dan aktif dalam mempelajari bahasa
Mandarin yang dianggap oleh sebagian besar orang sulit untuk dipelajari. Media gambar merupakan
media pendukung dalam penerapan metode TPR dalam pembelajaran daring. Dari 21 siswa, 10 siswa
mengalami peningkatan nilai sehingga metode TPR efektif dalam pembelajaran daring kosakata.

Diterbitkan

2021-11-27