ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN SECARA DARING PADA SISWA KELAS VI SD SANTA LORENT SURABAYA TAHUN 2021

Penulis

  • Gracilia Saputri Gunawan Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

media gambar, pembelajaran daring, bahasa mandarin

Abstrak

Pandemi Covid 19 yang melanda dunia sejak akhir 2019 lalu membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring. Namun, proses pembelajaran secara daring ini dinilai menyulitkan bagi siswa, karena sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang efektif untuk bisa meningkatkan pemahaman siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Mandarin secara daring pada siswa kelas VI SD Santa Lorent Surabaya. Media gambar dapat dikatakan efektif jika memenuhi 4 (empat) buah indikator, yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa, mencegah kebosanan, memudahkan siswa memahami instruksi guru, dan memudahkan siswa memahami materi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala Likert 4 (empat) gradasi, dengan interval tiap skala persepsi sebesar 0,75 poin. Setiap indikator dapat dikatakan efektif jika memiliki nilai x > 2,5, di mana x adalah skor akhir tiap indikator. Dari hasil penelitian, indikator pertama memiliki skor akhir 2,88, indikator kedua sebesar 2,98, indikator ketiga sebesar 2,78, dan indikator keempat sebesar 2,88. Hal ini mengindikasikan bahwa media gambar efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin secara daring pada siswa kelas VI SD Santa Lorent Surabaya 2021.

Diterbitkan

2021-11-27