KEEFEKTIVITASAN PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA PRESENTASI PREZI PADA SISWA KELAS 3 SD MANDALA II SURABAYA

Penulis

  • Wulan Setyowati Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa, Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin, Universitas Widya Kartika

Abstrak

Bahasa Mandarin merupakan bahasa asing yang masih sangat asing bagi siswa, tentunya berbeda dengan pengajaran mata pelajaran lainnya. Pengajaran Bahasa Mandarin tidak lepas dari metode yang dapat mempermudah siswa dalam belajar. Laporan penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana penerapan media terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin menggunakan metode tanya jawab dengan media presentasi prezi terhadap pengenalan kosakata baru pada siswa kelas III SD Mandala II Surabaya dan juga untuk mengetahui sejauh manakah hasil efektivitas terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin menggunakan metode tanya jawab dengan media presentasi prezi terhadap pengenalan kosakata baru pada siswa kelas III SD Mandala II Surabaya. Penulis melakukan pengajaran sebanyak 4 kali dengan menggunakan metode tanya jawab dengan media presentasi prezi. Metode penelitihan yang digunakan adalah metode tanya jawab, metode tanya jawab adalah suatu cara mengajar dimana guru dan siswa aktif bersama, guru bertanya dan siswa memberikan jawaban. Media pembelajaran yang digunakan adalah media presentasi prezi, prezi adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet. Dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui hasil efektivitas terhadap pembelajaran Bahasa Mandarin menggunakan metode tanya jawab dengan media presentasi prezi ini cukup efektif.

Diterbitkan

2019-10-24