Analisa Kesalahan dalam Penggunaan Kata Kerja “??” (li?oji?) dan “??” (l?ji?) pada Mahasiswa Semester 6 dan Semester 8 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya

Penulis

  • Lincoln Samsuar Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa, Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin

Kata Kunci:

“了解” (liǎojiě) dan “理解” (lǐjiě), Analisa Kesalahan, Mahasiswa Semester 6 dan Semester 8 Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika

Abstrak

Mengikuti pesatnya perkembangan negara Tiongkok saat ini yang membuat bahasa Mandarin menjadi bahasa yang banyak dipelajari di dunia. Hal ini memicu banyak institusi dan sekolah di Indonesia mulai memasukan bahasa Mandarin sebagai salah satu mata pelajaran. Kini salah satu institusi pendidikan di indonesia yang mengadakan pembelajaran bahasa Mandarin adalah Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya. Namun sering ditemui kesalahan dalam penggunaan kata “??” (li?oji?) dan “??” (l?ji?) di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya yang sampai saat ini ada banyak mahasiswa mereka yang kesulitan untuk mempelajari dan memahami. Penggunaan kata “??” (li?oji?) dan “??” (l?ji?), keduanya mengandung arti “mengerti”. Hal inilah salah satu yang membuat pelajar Indonesia sering melakukan kesalahan dalam penggunaan kata “??” (li?oji?) dan “??” (l?ji?). Karena kesamaan ini menyebabkan kesulitan bagi para pengajar di Indonesia untuk mengajarkan hal ini. Bedasarkan latar belakang di atas, Peneliti menganalisa kesalahan penggunaan kata “??” (li?oji?) dan “??” (l?ji?) di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya.

Diterbitkan

2019-10-24