PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN DI UNIVERSITAS X SURABAYA
Kata Kunci:
Seminar, Nasional, SNITER 2019, Cerita Pendek, Bahasa MandarinAbstrak
Keterampilan menulis cerita pendek merupakan salah satu bentuk keterampilan yang penting dikuasai mahasiswa jurusan Mandarin. Menulis cerita pendek membutuhkan penalaran yang kritis, logis, sistematis serta cara mengungkapkan gagasan yang memerlukan paparan, alasan, fakta, dan pembuktian yang objektif untuk meyakinkan pembaca. Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pembelajaran menulis cerita pendek pada mahasiswa yang berjurusan Mandarin, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada mahasiswa yang berjurusan Mandarin, dan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada mahasiswa yang berjurusan Mandarin. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 100% dari 15 responden pernah belajar mata kuliah mengarang, kendala dalam mengarang cerita pendek yang paling banyak dialami oleh mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin di universitas X Surabaya adalah karena merasa mata kuliah mengarang tida ada manfaatnya yaitu sebesar 47%, cara mengatasi masalah saat mengarang cerita pendek yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin di universitas X Surabaya adalah dengan adanya evaluasi yaitu sebesar 33%, dan mahasiswa semester 4 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin di universitas X Surabaya paling banyak merasa penjelasan dosen dalam mengajar mengarang sangat jelas yaitu sebesar 47%.