ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN OVO DI SURABAYA

Penulis

  • Lonalia Liem Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Widya Kartika Surabaya

Kata Kunci:

OVO, e-Money, Analisis Faktor, Usefulness, Kualitas Layanan

Abstrak

Perkembangan teknologi menyebabkan munculnya berbagai bentuk layanan baru, termasuk dalam layanan pembayaran. Munculnya e-money menjadi salah satu fenomena bisnis yang diminati oleh konsumen karena mengurangi penggunaan uang tunai. Konsumen menyukai penggunaan e-money karena mengurangi risiko keamanan. OVOsebagai platform pembayaran digital pertama di Indonesia yang diterima di jaringan ritel, ecommerce, hingga jasa online dan on-demand. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan OVO. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data penelitian adalah sumber data primer dari kuesioner. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 sampel, dan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan faktor yang dilakukan analisis yaitu sebanyak 36 faktor tereduksi menjadi tujuh faktor baru. Penamaan untuk tujuh faktor baru yang terbentuk adalah: usefulness, kualitas layanan, persepsi kemudahan, tingkat keterlibatan, keamanan, daya tarik cashback, dan keuntungan finansial.

Diterbitkan

2019-10-24