ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA GRABFOOD DI SURABAYA

Penulis

  • Carolin Winarto Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Widya Kartika Surabaya

Kata Kunci:

Layanan Berbasis Aplikasi, Grab-Food, Analisis Faktor, Service Quality, Customization

Abstrak

Perkembangan teknologi menyebabkan timbulnya berbagai layanan baru kepada konsumen. Salah satu bentuk layanan ini adalah layanan delivery service berbais aplikasi. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang ini adalah Grab-Food. Pesaing utama Grab-Food adalah Go Food yang menguasai pangsa pasar lebih besar dari Grab-Food. Untuk itu dalam penelitian ini akan dikaji mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memakai jasa grab-food di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jumlah sampel pls ebanyak 100 sampel, alat pengumpulan data menggunakan kuesionert, dan teknik pengukuran variabel menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dan regresi linier berganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis terhadap 41 faktor yang mempengaruhi konsumen menggunakan layanan Grab-Food tereduksi menjadi sembilan faktor baru dan diberikan nama: service quality, customization, reputasi layanan, informasi, kecepatan layanan, kemudahan layanan, delivery service, kualitas sistem, dan penanganan keluhan. Terdapat tiga faktor baru dengan nilai component transformation matrix di atas 0,50 yaitu: service quality, customization, dan kecepatan layanan. Hasil analisis regresi linier berganda, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa Grab-Food.

Diterbitkan

2019-10-24