ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN PENERBANGAN LION AIR DI SURABAYA

Penulis

  • Sherly Triana Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Lion Air, Low Cost Carrier, Analisis Faktor

Abstrak

Persaingan antar maskapai penerbangan menyebabkan munculnya maskapai low cost carrier yaitu maskapai penerbangan berbasis harga rendah. Salah satu pelopor maskapai LCC adalah Lion Air. Lion Air adalah sebagai maskapai penerbangan terbesar dari jumlah pesawatnya, tetapi banyak mengalami kecelakaan pesawat. Meskipun demikian, masih banyak penumpang yang menggunakan layanan Lion Air. Untuk itu dalam penelitian ini akan mengidentifikasikan faktor- faktor tersebut yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan layanan penerbangan Lion Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 sampel dan teknik analisis data menggunakan analisis faktor. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor baru hasil reduksi faktor secara berurutan diberikan nama: kualitas layanan, kelompok acuan, penampilan fisik, persepsi, harga, budaya, dan keuntungan finansial (financial benefit). Tujuh faktor tersebut yang dipertimbangkan konsumen dalam menggunakan layanan penerbangan Lion Air.

Diterbitkan

2019-10-24