PEMANFAATAN VIDEO DIGITAL STORYTELLING DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI UNTUK PEMEROLEHAN KECAKAPAN INTELEKTUAL SISWA

Penulis

  • Denok Julianingsih STKIP Bina Insan Mandiri
  • Endang Krisnawati STKIP Bina Insan Mandiri

Kata Kunci:

digital storytelling, pemanfaatan video, kecakapan intelektual, pembelajaran trigonometri

Abstrak

Pembelajaran dengan menggunakan metode digital storytelling dapat membuat konsep yang abstrak menjadi lebih nyata. Digital storytelling merupakan suatu metode dengan cara mengemas cerita menjadi bentuk digital. Hal ini sangat membantu siswa yang selama ini menganggap materi trigonometri sulit dan tidak berkesan karena dianggap tidak bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari menjadi lebih bermakna. Dengan memasukkan unsur sejarah yang
dikemas dalam bentuk video digital storytelling diharapkan dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik, lebih bermakna dan tentunya dapat memperbaiki kecakapan intelektual siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil dan proses pembelajaran dengan menggunakan video digital storytelling pada materi trigonometri. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan desktiptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 pada kelas X-IPA 1. Berdasarkan hasil dari pemanfaatan video digital storytelling di kelas X-IPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, didapatkan prestasi belajar siswa yang cukup memuaskan dengan keberhasilan secara individu yang telah mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 80. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung terlihat sangat baik. Hasil dari pemanfaatan video juga berdampak positif bagi motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari adanya penilaian yang positif melalui angket respon yang diberikan setelah pembelajaran berlangsung terhadap pemanfaatan video digital storytelling ini.

Diterbitkan

2019-10-21