DETERMINAN KUALITAS WEBSITE PADA PERUSAHAAN SKALA KECIL DAN MENENGAH

Penulis

  • Tatik Suryani STIE Perbanas Surabaya
  • Abu Amar Fauzi STIE Perbanas Surabaya
  • Mochamad Nurhadi STIE Perbanas Surabaya

Kata Kunci:

kualitas website, kualitas informasi, e-service, kualitas sistem

Abstrak

Kualitas website berperan penting dalam mempengaruhi efektivitas komunikasi pemasaran produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Meskipun website berperan penting, namun masih sedikit penelitian yang mengkaji tentang kualitas website perusahan dalam konteks UKM di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penentu kualitas website UKM yang dilakukan dengan menggunakan metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Penelitian melibatkan 32 pelanggan pembelanja berat online produk UKM yang dipilih secara purposive, dan 8 UKM yang dalam pemasarannya banyak menggunakan website serta 5 pakar (pengelola website dan akademisi) dilibatkan dalam Focus Group Discussion untuk memvalidasi hasil. Hasil analisis dengan menggunakan Smart PLS menunjukkan berturut-turut dari dimensi yang paling dominan dalam menentukan kualitas website adalah: E-Service, Kualitas Gambar, Kualitas Informasi, dan Kualitas Sistem. Dimensi E-Service Recovery, E-Servive Efficiency, Availabilitas sistem, Contact, Fullfillment,
ketanggapan, dan Privacy.

Diterbitkan

2019-10-18