KORELASI ANTARA MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MEMBACA DENGAN MENERAPKAN MEDIA PEMBELAJARAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYA
Kata Kunci:
Minat Belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Kuis Interaktif Berbasis Web, Wondershare Quiz Creator, KorelasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi minat belajar terhadap penerapan media pembelajaran kuis interaktif berbasis web dan juga untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran kuis interaktif berbasis web dan yang tidak menggunakan. Penelitian dilaksanakan pada mata kuliah membaca dengan subjek penelitian mahasiswa semester II Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Widya Kartika Surabaya yang berjumlah 24 orang. Penelitian berlangsung pada bulan Maret sampai bulan Juni 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Minat belajar mahasiswa dianalisis dengan menggunakan Skala Likert dan memperoleh hasil dalam kategori baik. Uji reliabilitas dan validitas pada kuesioner menunjukkan bahwa alat ukur yang digunakan penulis sudah reliabel dan valid. Data hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran kuis interaktif berbasis web dan yang tidak menggunakan media tersebut dianalisis menggunakan uji analisis statistik t-test. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh bahwa t hitung > t tabel. Artinya, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menggunakan media pembelajaran kuis interaktif berbasis web. Untuk menguji korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar digunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Uji korelasi dilakukan 2 kali yaitu antara minat belajar dengan hasil belajar tanpa menggunakan media kuis interaktif berbasi web, dan antara minat belajar dengan hasil belajar yang menggunakan media kuis interaktif berbasis web. Dari kedua uji korelasi tersebut sama-sama mendapatkan hasil korelasi dalam kategori sangat rendah yang artinya tidak terdapat korelasi antara minat belajar dan hasil belajar. Namun, korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar yang menggunakan media kuis interaktif berbasis web lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media tersebut.