ANALISIS KESALAHAN DALAM PENGGUNAAN PREPOSISI “ ? ” (DUÌ), “ ? ” (XIÀNG) DAN “ ? ” (CHÁO) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN SEMESTER DELAPAN (8) UNIVERSITAS WIDYA KARTIKA SURABAYA
Kata Kunci:
Bahasa, Preposisi, 对, 向, 朝, Analisis KesalahanAbstrak
Setiap bahasa memiliki peran penting dan sistem yang berbeda sehingga dapat menimbulkan kesalahan terjadi jika terjadi kurangnya pemahaman terhadap unsur bahasa yang dipelajari. Salah satunya dalam penggunaan preposisi “ ? ”(duì),“ ? ”(xiàng) dan“ ? ”(cháo). Maka dari itu penulis melakukan penelitian mengenai analisis kesalahan penggunaan preposisi tersebut pada mahasiswa semester delapan Universitas Widya Kartika Surabaya. Dengan menggunakan metode soal tes dan wawancara tidak langsung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan dan faktor penyebab kesalahan pada penggunaan ketiga preposisi tersebut. Diperoleh data kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menggunakan preposisi tersebut dikarenakan mahasiswa tidak mengetahui fungsi dan cara penggunaan dari ketiga preposisi, mahasiswa mengaitkan penggunaan ketiga kata depan dengan bahasa ibu atau bahasa yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari, sehingga muncul faktor kesalahan yang diakibatkan oleh bahasa ibu dan kurangnya pemahaman akan penggunaan ketiga kata depan tersebut. Persentase kesalahan yang dilakukan pada setiap tipe soal masing-masing adalah sebesar 52%, 66%, dan 62%. Diharapkan pengajar dapat membahas ketiga preposisi ketika mengajar dengan memakai tabel penggunaan preposisi ? , ? , dan ? agar dapat meminimalisasi kesalahan.