PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK EKONOMI SISWA KELAS VII MTs AL-HIDAYAH

Penulis

  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Marwah . STKIP PGRI Bangkalan

Kata Kunci:

Mobile Learning Android, kegiatan pokok ekonomi

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk media berupa mobile learning berbasis Android pada pelajaran IPS materi kegiatan pokok ekonomi di kelas VII MTs AL HIDAYAH Bangkalan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Four-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan. Pada tahap design dilakukan penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap develop dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi serta uji pengembangan. Pada tahap disseminate dilakukan uji validasi dan penyebaran. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan praktisi, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,13(Sangat Layak), aspek media sebesar 4,1 (Sangat Layak), dan aspek bahasa sebesar 4,5 (Sangat Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 4,2( Sangat Layak), aspek desain pembelajaran sebesar 4,47(Sangat Layak), dan aspek komunikasi visual sebesar 4,6 (Sangat Layak). Hasil uji validasi untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa yang dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest diperoleh nilai gain sebesar 0,90 (Tinggi).

Diterbitkan

2021-04-30