Pengaruh Psikologis Konsumen terhadap Intensi Pembelian Makanan melalui Sosial Media di Surabaya

Penulis

  • Erna Ferrinadewi
  • Martinus Rukismono Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Motivasi konsumen, Sikap, Persepsi, Keputusan Pembelian, Pandemi Covid

Abstrak

Pandemic telah membawa dampal perubahan dalam perilaku konsumen. Perubahan perilaku yang disebabkan karena adsanya kewajiban untuk memenuhi protocol kesehatan membuat diikuti dengan adanya penggunaan social media yang semakin intens. Hal ini disebabkan karena social media menjadi satu-satunya media yang dapat digunakan konsumen untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus mematuhi aturan protocol kesehatan. Kewajiban untuk belajar dan bekerja dari rumah telah membuat konsumen berupaya memenuhi kebutuhan makan sehari-harinya dengan memanfaatkan media social dan ini telah dibuktikan denganadanya kecenderungan peningkatan penggunaan media social elektronik seiring dengan kondisi pandemic. Melibatkan 100 responden dengan aktivitas pembelian makanan via media social yang cukup tinggi minimal seminggu 3x pembelian, didaatkam data yang kemudai diolah dengan menggunakan analisa regresi. Sebelum data diolah telah melalui uji validitas dan reliabilitas yang menunjuuka keandalan dan nilai yang vcalid. Ditemukan variabel motivasi, sikap dan persepsi secara bersama-sama mempengaruhi keputusan konsumen melakukan pembelian makanan secara online, dengan variabel motivasi merupakan variabel yang menunjukkan pengaruh dominan. Perubahan perilaku ini disimpulkan sebagai upaya konsumen untuk memenuhi kebutuhan fisik sekaligus memenuhi rasa aman untuk tetap di rumah sebagai respom atas peningkatan penularan Covid 19 di Surabaya

E-Journal Kewirausahaan Vol 4, No 1, April 2021

Diterbitkan

2021-04-30