Revolusi Layanan Perbankan : Studi Implementasi Teknologi AI Pada Bank BCA
DOI:
https://doi.org/10.61293/jscr.v6i2.732Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Teller Perbankan, Optimalisasi Layanan, Efisiensi Operasional, Transformasi DigitalAbstrak
Perkembangan teknologi memberikan dampak signifikan pada industri perbankan, terutama melalui penerapan kecerdasan buatan (AI) dalam pengelolaan transaksi internal dan eksternal. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi AI dalam sistem perbankan, serta mengkaji dampaknya terhadap efisiensi operasional,pengurangan kesalahan manusia,dan peningkatan kepuasaan layanan kepada nasabah. Studi ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan tinjauan studi kasus dari perbankan yang telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) pada proses pengelolaan transaksi perbankan. Hasil penelitian menunjukan bahwa AI dapat meningkatkan efisiensi,mempercepat waktu pelayanan,dan meminimalisir potensi dan resiko kesalahan yang besar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Sistem Cerdas dan Rekayasa (JSCR)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.