Implementasi Sistem Pengukuran Mutu Layanan Berbasis Kuesioner di Universitas Widya Kartika
DOI:
https://doi.org/10.61293/jscr.v5i2.544Kata Kunci:
Kuesioner, Layanan, Mutu, Perancangan, ImplementasiAbstrak
Mutu layanan sebuah institusi terutama bidang pendidikan, perlu diukur secara berkala untuk memperbaiki kualitas pelayanan terhadap para pemangku kepentingan. Terdapat beberapa jenis layanan kepada mahasiswa maupun mitra yang diberikan oleh Universitas Widya Kartika, baik yang meliputi proses akademik maupun non akademik. Masing-masing layanan tersebut memiliki indikator kinerja yang berbeda-beda dan memerlukan cara yang berbeda pula dalam pengukurannya. Penelitian ini dibuat untuk mengatasi hal tersebut dengan merancang sebuah sistem yang mampu mengukur mutu layanan berbasis kuesioner. Melalui sistem ini, masing-masing mutu layanan unit dapat diukur dan menghasilkan laporan yang kemudian dapat dianalisis oleh pimpinan untuk menentukan kebijakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut. Indikator yang digunakan sesuai dengan ketentuan dokumen standar mutu layanan yang dimiliki oleh Universitas Widya Kartika, yang merujuk pada beberapa ketentuan pemerintah serta lembaga akreditasi.