Furriend Sebagai Pengembangan Usaha Pet Shop and Care Digital Berbasis Website (Studi di Kota Pasuruan)

Penulis

  • Fisma Meividianugraha Subani Universitas Negeri Surabaya
  • Alvin Febrianto Universitas Negeri Surabaya
  • Refila Dyah Ghizanda Wardoyo Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan Universitas Negeri Surabaya
  • Shandy Ilham Alamsyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.61293/jscr.v5i1.503

Kata Kunci:

Furriend, Usaha Digital, Website

Abstrak

Website dapat menyajikan sistem informasi dengan baik dan cepat sehingga cocok digunakan dalam pengembangan usaha. Pengimplementasian website sebagai usaha digital berhasil meningkatkan kualitas sebuah usaha dalam aspek layanan sistem informasi dan media pemasaran. Faktanya sebagian besar usaha masyarakat di Indonesia masih belum memanfaatkan teknologi sebagai penanganan dalam menghadapi masalah mekanisme pelayanan secara konvensional, salah satunya pada usaha pet shop. Tujuan dari penelitian adalah menawarkan sebuah inovasi untuk meningkatkan kualitas kinerja pelayanan secara digital yaitu dengan Furriend. Penelitian memakai metode R&D (Research and Development) seringkali digunakan pada riset pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah solusi dalam bentuk ide maupun produk serta mengukur keefektifannya sebagai bukti kesuksesan penelitian. Berikut langkah-langkah yang digunakan pada penelitian ini: sumber masalah, pengumpulan data, analisa data, solusi, dan ide/produk. Pengambilan data dilapangan menggunakan angket, interview, serta pendokumentasian. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Website terbukti sebagai layanan sistem informasi dan media pemasaran yang sering digunakan oleh masyarakat, usaha digital sangat mendukung
kemajuan sebuah usaha, penerapan Furriend sangat membantu usaha pet shop dalam menangani mekanisme pelayanan secara konvensional.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-17