Rancang Bangun Pemesanan Menu pada Rumah Makan berbasis Web Studi Kasus Rumah Makan Dapur Koning Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.61293/jscr.v7i1.824Keywords:
food ordering, ordering system, information system, build and designAbstract
Usaha rumah makan menjadi salah satu bidang usaha yang banyak dilirik oleh para pelaku usaha namun perkembangan teknologi membuat konsumen bukan hanya menginginkan kualitas produk namun juga kemudahan dan keefektifan dalam bertransaksi. Rumah makan Dapur Koning Jakarta Barat adalah usaha rumah makan dengan skala rumahan yang didirikan pada bulan Juni tahun 2019. Dapur Koning dikelola oleh 1 hingga 3 pelayan yang berbagi tugas untuk melayani pelanggan, memasak makanan dan tugas kasir. Namun banyaknya pelanggan membuat pelayan Dapur Koning mengalami kesulitan dalam melayani transaksi penjualan terutama disaat jam-jam sibuk. Hal ini menyebabkan berbagai permasalahan diantaranya muncul komplain dari pelanggan saat pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan urutan pelanggan datang. Selain itu karena proses pembayaran masih dilakukan secara manual maka pelayan mengalami kesulitan dalam proses pencatatan pelaporan transaksi penjualan. Terkait dengan permasalahan tersebut, solusi yang ditawarkan yaitu dengan membangun sistem yang dapat membantu pelayan untuk menerima pesanan pelanggan serta menentukan urutan pelayanan sesuai dengan waktu kedatangan pelanggan. Selain itu sistem yang dibangun dapat mengelola transaksi pembayaran sehingga memudahkan kasir untuk menghitung total transaksi dan membuat laporan trasanski penjualan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Sistem Cerdas dan Rekayasa (JSCR), E-ISSN:2656-7504

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.