ANALISIS PENGAJARAN BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS 10 DAN 11 SMAK SANTA AGNES SURABAYA DENGAN MEDIA ZOOM DAN GOOGLE CLASSROOM

Penulis

  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika
  • Leonardo Wuniarto Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Analisis, Bahasa mandarin, Pembelajaran Online, Google Classroom, Zoom

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia memberikan pengaruh bagi semua kalangan di dunia dan juga merupakan krisis kesehatan bagi umat manusia. Dalam dunia pendidikan, pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang sangat besar seperti banyaknya sekolah di dunia ditutup dan dialihkan menjadi pembelajaran secara online untuk menghentikan laju penyebaran Covid-19. Pengaruh dari pandemi Covid-19 ini membuat pemerintah membuat program pembelajaran daring. Pembelajaran daring atau online merupakan pembelajaran yang berdasarkan pada teknologi media digital yang bahan belajarnya dikirim secara elektronik atau dalam bentuk file ke peserta didik dari jarak jauh menggunakan jaringan internet dengan media komputer. Menurut pemerintah pembelajaran online dinilai merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk melakukan pembelajaran ditengah pandemi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengajaran Bahasa Mandarin pada siswa kelas 10 dan 11 secara daring di sekolah SMAK Santa Agnes Surabaya. Subjek penelitian adalah Siswa Siswi kelas 10 dan 11 di SMAK Santa Agnes Surabaya. Data dikumpulkan dengan cara pengamatan saat siswa siswi melakukan daring melalui zoom cloud meeting dan Google Classroom.

Diterbitkan

2022-07-30