Analisis Kesulitan Siswa SMP dan SMA Nation Star Academy Surabaya Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Mandarin

Penulis

  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika
  • Siany Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

pembelajaran daring, pembelajaran bahasa Mandarin, kesulitan siswa

Abstrak

Pada awal tahun 2020, karena pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran sekolah dilakukan dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring ini menjadi hal yang baru bagi sebagian masyarakat, baik guru maupun siswa. Oleh sebab itu, penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring bahasa Mandarin, kesulitan siswa SMP dan SMA Nation Star Academy Surabaya serta kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran daring bahasa Mandarin. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, yaitu studi kasus, yang mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta kuesioner. Hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran daring bahasa Mandarin pada SMP dan SMA Nation Star Academy dilakukan dengan menggunakan Google Classroom, Zoom Meeting, Google Form serta beberapa aplikasi tambahan lainnya, seperti Quizizz. Kelebihan pembelajaran daring bahasa Mandarin adalah dapat mempelajari dan memanfaat teknologi secara maksimal. Kekurangan pembelajaran daring yang sering dialami adalah masalah koneksi internet, sehingga siswa pun mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan.

Diterbitkan

2022-07-30