PERBANDINGAN TINGKAT KEEFEKTIFITASAN ANTARA PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA AUDIO-VISUAL BERBASIS FILM PADA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS X SEKOLAH X

Penulis

  • Angela Natasya Kusuma Universitas Widya Kartika
  • Peter Leonardo Universitas Widya Kartika
  • Maria Apriana Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

keefektivitasan, media power point, media audio-visual, film, bahasa mandarin, perbandingan

Abstrak

Di masa pandemi ini, sekolah-sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran secara daring. Tentunya hal ini tidak mudah bagi para pengajar maupun siswa. Tidak terkecuali untuk pengajar Bahasa Mandarin, di mana mata pelajaran ini biasa dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh para siswa. Oleh karena itu, Tugas Akhir ini peneliti susun untuk mengetahui media pembelajaran mana yang lebih efektif untuk pembelajaran penggunaan kosakata dalam kalimat. Dua media yang diteliti antara lain media PowerPoint dan media audio-visual berbasis film. Media PowerPoint merupakan media yang sering dijumpai, terutama pada pembelajaran daring karena pengajar dapat meringkas materi yang perlu diajarkan ke dalamnya. Sedangkan media audio-visual berbasis film bila dibandingkan dengan media PowerPoint, tidak begitu banyak digunakan. Hal ini dikarenakan tidak begitu mudah mencari film yang sesuai dengan materi pembelajaran. Peneliti berharap dengan adanya perbandingan keefektivitasan untuk kedua media ini, pengajar dapat mempertimbangkan media mana yang lebih cocok untuk dipergunakan dalam proses pembelajaran daring.

Diterbitkan

2022-07-30