ANALISA PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA DAN SEJARAH TIONGKOK Studi Kasus pada Akun @Chinese_server

Penulis

  • Ong Peter Leonardo Universitas Widya Kartika
  • Amelia Solemnis Universitas Widya Kartika
  • Minny Elisa Yanggah Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Aplikasi TikTok, Media Pembelajaran, Budaya dan Sejarah Tiongkok

Abstrak

Wabah COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) telah melanda di berbagai negara hampir di semua belahan dunia. Kondisi ini sudah merambah pada dunia Pendidikan. Sejak saat itu seluruh kegiatan belajar mengajar di Indonesia yang semula dilakukan secara offline kini dilakukan secara online. Oleh sebab itu, kini menggunakan sistem e-learning sebagai penunjang pendidikan, begitu pula dengan media sosial. Media sosial dapat mempermudah pendidik dalam menyampaikan informasi kepada peserta didik, mendorong peserta didik untuk mengetahui lebih banyak tentang materi dalam proses pembelajaran dan memungkinkan peserta didik berhubungan akrab dengan pendidik dan peserta didik lainnya. Melihat perkembangan media pembelajaran saat ini, media pembelajaran di era digital harus diselaraskan dengan perkembangan teknologi. Media pembelajaran haruslah menarik dan dekat dengan peserta didik. penggunaan aplikasi media sosial seperti TikTok di kalangan masyarakat khusunya remaja menjadikan aplikasi ini sebagai media sosial yang sangat populer belakangan ini. Konten edukasi menjadi salah satu konten yang paling diminati, tidak heran jika banyak orang khususnya pendidik yang menggunakan TikTok sebagai media pembelajaran. Aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan pendidik. Melalui aplikasi TikTok, pendidik dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran interaktif, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi dari peserta didik. Tidak sedikit pengguna TikTok yang memanfaatkan platform ini, salah satunya adalah pemilik akun @Chinese_ server selaku content creator yang berkecimpung dalam mengajar budaya dan sejarah Tiongkok di akun TikToknya. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui lebih mendalam mengenai penggunaan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran budaya dan sejarah Tiongkok oleh akun @Chinese_ server. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penulis akan melakukan wawancara dengan mengajukan pertanyaan kepada narasumber untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Diterbitkan

2022-07-30