https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/issue/feede-Jurnal Kewirausahaan2023-10-27T10:26:58+07:00Muis Murtadho, SE., MM.muis@widyakartika.ac.idOpen Journal Systems<p>e-Jurnal Kewirausahaan merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, essay dan karya multidisiplin yang mengedepankan peran praktek dan jiwa kewirausahaan dan jurnal ini dikelola oleh Unit LPPM Universitas Widya Kartika (UWIKA) Surabaya.</p> <p>Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:</p> <p>Ketua Penyunting: Muis Murtadho, S.E., M.M.</p> <p>Mitra Bestari</p> <p>Dr. Erna Ferrinadewi, S.E., M.M., Universitas Widyakartika Surabaya</p> <p>Dr. Drs.Ec. H. Muh. Syarif, M.Si., Universitas Trunojoyo</p> <p>Dr. Muflichah Erma Widiana, M.M., Universitas Bhayangkara Surabaya</p> <p><br>Kampus UWIKA. Jl. Sutorejo Prima Utara 2/No. 1, Surabaya, 60113. Telp: 031-5922403 ext.111. Fax. 031-5925790. email: murtadho.muis@gmail.com</p> <p> </p>https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/482STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTANDAN INKLUSIF PADA KAWASAN DESA WISATA PULAU DERAWAN2023-10-27T08:48:18+07:00Handayani Jaka SaputraHandayanijs@umberau.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kawasan Desa Pulau Derawan<br>jika sebagai kawasan wisata dengan konsep Keberlanjutan dan Inklusif berdasarkan persepsi<br>kepuasan pengunjung wisata dalam pengembangan pariwisata di kawasan Desa Pulau<br>Derawan dan mendeskripsikan strategi pengembangan pariwisata keberlanjutan dan Inklusif<br>yang sesuai untuk dilakukan dalam pengembangan pariwisata dengan menggunakan metode<br>SOAR. Data yang dikumpulkan berdasarkan observasi, wawancara mendalam, dan kuisioner.<br>Pengambilan sampel secara random sampling dan data sekunder yang didapat dari instansi<br>terkait. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode Importance Performance<br>Analysis (IPA) dan analisis SOAR.<br>Berdasarkan hasil analisis SOAR, strategi pengembangan wisata Keberlanjutan dan Inklusif<br>meningkatkan kualitas dalam menjaga dan merawat fasilitas yang berada di kawasan Desa<br>Wisata Pulau Derawan dengan cara menjaga kebersihan, keindahan dan mematuhi tata tertib<br>yang ada, selalu menjaga fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang dapat digunakan oleh<br>semua kalangan maupun kebutuhan khusus/disabilitas serta merawat nilai budaya dan<br>kearifan lokal yang ada, senantiasa menjaga dan meningkatkan pengelolaan yang baik,<br>keramahan masyarakat sekitar dan pelayanan yang baik, meningkatkan kualitas penjualan<br>produk-produk unggulan yang ada dengan melalui pemberdayaan masyarakat Desa Pulau<br>Derawan, selalu mengembangkan potensi kawasan wisata yang sudah ada dengan<br>memanfaatkan dukungan dari masyarakat serta memanfaatkan kemudahan dalam mengakses<br>informasi dan transportasi sehingga dengan begitu dapat menarik minat pengunjung untuk<br>datang berwisata ke Desa Pulau Derawan, meningkatkan daya saing produk Desa Pulau<br>Derawan sesuai kebutuhan pengunjung.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Handayani Jaka Saputrahttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/483PENGARUH KEADILAN KOMPENSASI DAN KEADILAN PROSEDURAL KOMPENSASI TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING2023-10-27T09:20:16+07:00Muhammad Aminjurnalkewirausahaan@widyakartika.ac.id<p>Tujuan Penelitian ini untuk menguji pengaruh “Pengaruh Keadilan Distributive Kompensasi<br>dan Keadilan Prosedural Kompensasi Terhadap Komitmen Afektif dan Motivasi Sebagai<br>Pemediasi” (Studi Kasus Di Perusahaan PT Hujan Hijau Mas Di Kabupaten Berau).<br>Responden pada penelitian ini adalah 169 karyawan yang bekerja di perusahaan PT. Hutan<br>Hijau Mas tahun 2022. Teknik analisis yang di gunakan adalah Structural Eequation<br>Modelling dengan bantuan program AMOS versi 21.0 sebagai alat analisis.<br>Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Keadilan Distributif Kompensasi<br>dan Keadilan Prosedural Kompensasi memiliki pengaruh terhadap Motivasi, 2) Motivasi<br>memiliki pengaruh terhadap Komitmen Afektif, 3). Keadilan Distributif Kompensasi dan<br>Keadilan Prosedural Kompensasi memiliki pengaruh terhadap Komitmen Afektif melalui<br>Motivasi. Dengan banyaknya kekurangan pasda penelitian ini, Semoga penelitian selanjutnya<br>bisa menyempurnakanya.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Aminhttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/311KETERLIBATAN BELAJAR ONLINE MAHASISWA AKUNTANSI PADA PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA: ANALISIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI MEDIA SOSIAL2023-10-27T09:28:05+07:00Renna Magdalenarenna.magdalena@uph.eduJosephine Kurniawati Tjahjonojosephinedarma@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara efikasi diri media sosial dengan<br>keterlibatan belajar pada mahasiswa akuntansi. Media sosial adalah sumber daya pendidikan<br>yang penting dan secara luas dianggap sebagai bagian integral dari komunitas pembelajaran<br>online. Keterlibatan dalam pembelajaran adalah ukuran penting untuk menentukan<br>keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini menguji data kuesioner dari 103 mahasiswa<br>Akuntansi yang mampu secara mandiri memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran<br>online. Penelitian ini menggunakan dua uji statistik. Uji statistik yang pertama adalah analisis<br>korelasi yang dirancang untuk mengetahui adanya hubungan antara efikasi diri media sosial<br>dan keterlibatan dalam pembelajaran. Uji kedua adalah Uji beda t-test untuk memastikan<br>perbedaan keterlibatan belajar antara mahasiswa dengan efikasi diri media sosial tinggi dan<br>mahasiswa dengan efikasi diri media sosial rendah. Temuan penelitian ini diharapkan dapat<br>memberikan panduan dan konteks bagi pendidik akuntansi pada saat mereka merancang<br>pelajaran untuk meningkatkan efikasi diri media sosial mahasiswa dan dengan demikian<br>meningkatkan keterlibatan mahasiswa Akuntansi dalam pembelajaran online.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Renna Magdalena, Josephine Kurniawati Tjahjonohttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/484STUDI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMESAN MAKANAN MENGGUNAKAN SHOPEEFOOD DI SURABAYA2023-10-27T09:47:54+07:00Obed Victorjurnalkewirausahaan@widyakartika.ac.idMartinus Rukismonomartinus@widyakartika.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana perilaku konsumen dalam memesan makanan menggunakan Shopeefood di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian membuktikan bahwa perilaku konsumen dalam memesan makanan menggunakan Shopeefood didasari oleh kebiasaan, serta prinsip ekonomi yang tentunya dijalankan oleh setiap orang untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan usaha minimal.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Obed Victor, Martinus Rukismonohttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/485KEBIJAKAN USAHA BISNIS PROPERTY DALAM MENGHADAPI EKONOMI GLOBAL2023-10-27T09:56:02+07:00Suwardijurnalkewirausahaan@widyakartika.ac.id<p>Perkembangan dunia usaha bisnis properti yang terus meningkat dari waktu ke waktu, sehingga berpotensi memberi keuntungan bagi pemiliknya. Pada tahun 2020, rata-rata indeks harga properti 187,43 poin. Angka ini meningkat menjadi 209,8 poin pada 2019. Peningkatan permintaan dari konsumen terus meningkat maka dibarengi dengan harga terus meningkat pula setiap tahun semensejak tahun 1919-an hingga kini harga properti Indonesia tak pernah turun, khususnya di pasar primer. Pasalnya, pengembang mampu menyiasati harganya. Material bahan bangunan yang terpengaruh fluktuasi harga minyak turut menyumbang kenaikan harga properti. Faktor lokasi juga berpengaruh semakin strategis tempatnya, maka harganya semakin menjulang bahwa pelaku sektor properti memang tak pernah menurunkan harga. Bahkan saat krisis multidimensi tahun 1998 belum pernah terjadi penurunan, harga turun itu resistensinya tinggi. Bagaimana kebijakan diterapkan dalam bisnis property? Bagaimana strategi pengembang agar daya beli meningkat? Metode yang digunakan di dalam penulisan ini adalah Normatif, yang mengacu pada Undang-Undang yang ada yaitu Undang-undang Nomor 1 tahun 2020 tentang Rusun. Properti dalam bentuk rumah, apartemen, maupun tanah terus menjadi incaran masyarakat. Bukan hanya untuk hunian, tapi juga instrumen investasi. Daya minat beli susai survei konsumen Bank Indonesia (BI) menunjuk kan 21% responden memilih instrumen investasi jenis ini pada Maret 2020. Tepat di bawah tabungan/deposito yang mencapai 45,3%. Data Sistem Informasi Debitur (SID) BI pada April 2019—kini bank sentral sudah tidak menaunginya lagi—mencatat 35.298 debitur memiliki lebih dari satu Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebanyak 947 debitur di antaranya bahkan memegang 9-12 KPR. Menunjukkan bahwa masyarakat membeli properti lebih sebagai alat investasi ketimbang tempat tinggal.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Suwardihttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/487PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN PENGALAMAN BELANJA SEBAGAI MEDIATOR PADA PLATFORM SHOPEE2023-10-27T10:26:58+07:00Muis Murtadhomuisi@widyakartika.ac.idErna Ferrinadewijurnalkewirausahaan@widyakartika.ac.id<p>Pandemi mendorong pertumbuhan bisnis online di Indonesia. Peningkatan jumlah transaksi dalam bisnis online membuktikan hal tersebut. Sebagai efek dari ketentuan menjaga jarak dan mengurangi mobilitas, masyarakat mengalihkan aktiitas ekonominya secara online dan mulai lebih intensif dalam penggunaan platform belanja yang telah tersedia. Keadaan ini<br>menimbulkan persaingan yang cukup tajam antar platform dalam bisnis online mengingat bisnis online memiliki entry barrier yang rendah sehingga peluang untuk membuka bisnis online sangat terbuka.<br>Menyadari hal ini, pemilik usaha bisnis online perlu memikirkan upaya yang harus dilakukan dalam merebut dan mempertahankan pasarnya. Mengupayakan dan mempertahankan konsumen yang puas menjadi andalan untuk mampu bertahan dalam persaingan, mengingat konsumen yang puas akan merekomendaasikan kepada orang lain sehingga menjadi sangat menguntungkan bilan pemilik usaha dapat mempertahankanya. Salah satu upaya untuk memelihara kepuasan konsumen adalah memberikan pengalaman belanja yang tidak mengecewakan pembeli dengan kualitas layanan yang terbaik disediakan oleh pemilik usaha. Dengan melibatkan 100 responden yang aktif bertransaksi secara online di platform Shopee, penelitian ini bertujuan untuk menilai peran Pengalanaman Belanja Konsumen sebagai mediasi dalam menciptakan kepuasan konsumen dengan kualitas layanah eletronik. Menggunakan Path Analysis, diperoleh hasil signifikan bahwa pengaruh tidak langsung Kualitas Layanan Elktronik terhadap Kepuasan Konsumen lebih besar daripada pengaruh langsung. Hal ini mengartikan bahwa peran Pengalaman Belanja Konsumen peru dikelola dengan hati-hati oleh pemilik usaha bisnis oline maupun oleh Shopee sebagai platform belanja online.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Erna Ferrinadewi, Muis Murtadhohttps://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/kewirausahaan/article/view/486PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK MAKANAN BERBASIS MEDIA ONLINE2023-10-27T10:10:12+07:00Dwi Taufik Hidayattaufikdwi17@gmail.comErwinRediono Tanjurnalkewirausahaan@widyakartika.ac.id<p>Sejak pandemi covid memasuki negara kita di awal tahun 2000, perekonomian kita terguncang seiring dengan situasi dan kondisi dunia diakibatkan demand yang menghilang bersamaan dengan munculnya virus yang memakan banyak korban di seluruh dunia. Dengan kemajuan teknologi, terutama penggunaan internet yang sudah umum digunakan sebelum pandemik, maka dalam situasi diatas, sangatlah penting dan sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Melalui studi deskriptif diungkapkan bahwa peningkatan daya saing produk makanan berbasis IT menjadi kebutuhan mutlak para pelaku usaha. Media digital yang banyak digunakan adalah media online seperti media sosial dan e-commerce untuk menjangkau pembeli lama dan pembeli baru.</p>2022-04-20T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2023 Erwin Rediono Tan, Dwi Taufik Hidayat