PENGARUH FAKTOR EMOSI DALAM PERILAKU PEMBELIAN SUPLEMEN KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI

Penulis

  • Erna Ferrinadewi Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

keputusan pembelian, emosi, perilaku konsumen

Abstrak

Emosi adalah kecenderungan dalam perilaku manusia. Konsumen sebagai manusia yang secara umum akan bertindak rasional sebagai insan ekonomi. Berbagai riset menemukan adanya kecenderungan dimana factor emosi juga mengatur tindakan rasional konsumen terutama dalam proses keputusan pembelian. Emosi menjadi factor pendorong konsumen dalam melakukan pembelian yang di luar kebiasaan, bahkan dalam pembelian di masa pandemi menunjukkan kenaikan signifikan terutama pada produk-produk suplemen kesehatan. Panic buying pun sempat terjadi di awal-awal masa pandemic seperti pemvelian masker dan belanja di pasar-pasara swalayan, oleh karena kebijakan lock down di beberapa Negara
Data dalam penelitian ini diperoleh dengan meliibatkan 50 orang responden di Surabaya yang secara aktif melakukan pembelian suplemen vitamin selama masa pandesmic baik di apotek maupun yang dilakukan secara online, baik suplemen local maupun supermen impor dengan harga yang lebih mahal. Responden dipilih denga teknik nonprobality sampling dengan memastikan bahwa responden berada dalam kondisi sehat, melakukanpembelian dan konsumsi suplemen vitamin selama masa pandemic
Hasil analisis data diperoleh dengan menggunakan analisa factor dan regresi untuk mendapatkan factor-faktor emosi apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian suplemen vitamin selama masa pademi. Diperoleh 46.7% responden dipengaruhi oleh factor emosi negative seperti rasa takut, rasa khawatir dan rasa sedih dalam keputusan membeli secara signifikan . dan hanya 18% saja konsumen yang membeli suplemen vitamin dipengaruhi oleh Faktor Emosi Positif seperti rasa bahagia dan bersemangat.

Diterbitkan

2021-10-31